Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Komering Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kejaksaan Negeri Gunung Mas Siap Kawal APBDes

  • 05 Desember 2017 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun- Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Gunung Mas Koswara, menyatakan bahwa dirinya tidak akan mentoleransi pelanggaran hukum terhadap pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes).

"Kami juga membuka diri dan bersedia jika kepala desa dan jajaranya meminta pengawalan. Kejaksaan selalu siap jika diminta melakukan pendampingan dan pengawalan terhadap setiap kegiatan yang berkaitan dengan dana desa,' kata Koswara saat Sosialisasi Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan Dan Pembangunan Daerah (TP4D) di aula kantor Kecamatan Kurun, Selasa (5/12/2017).

Kajari melanjutkan, TP4D diketuai Kasi Intel Kejari Gunung Mas Indra Saragih. "Misalnya ada desa hendak melakukan pembangunan, maka proyek itu kami dampingi agar sesuai ketentuan, sesuai speksifikasi, sesuai anggaran. Intinya agar jangan ada kesalahan seperti fiktif atau mark up,' tegasnya.

Koswara mengungkapkan, saat ini pihaknya baru bekerjasama dengan beberapa SOPD. Sedangkan kerja sama dengan pemerintah desa belum ada. 'Kami tidak dapat melakukan pengawalan jika pemerintah desa tidak mengajukan,' sebutnya.

Menurut dia, keterlibatan TP4D dimaksudkan untuk mencegah penyalahgunaan dana desa dan ADD, sehingga penggunaannya tepat sasaran. (EPRA SENTOSA/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru