Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Buaya Sapit Dititipkan ke Yayasan Kalaweit

  • Oleh Ramadani
  • 05 Desember 2017 - 21:46 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Buaya Sapit berukuran 3,2 meter dengan berat mencapai 130 kilogram yang ditangkap warga Desa Butong, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara pada Senin (4/112/2017), telah diamankan oleh Balai Konservasi Sumber daya Alam (BKSDA) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) III Muara Teweh.

Buaya berjenis kelamin betina yang diperkirakan berumur 15 tahun itu dititipkan di Yayasan Kalaweit di wilayah Dusun Pararawen, Kecamatan Teweh Tengah, untuk direhabilitasi dan pengecekan kesehatan sebelum dilepasliarkan.

Anggota Tim Rescue Reaksi Cepat pada Kantor Seksi Konservasi Wilayah III Muara Teweh, Perdi, mengatakan bahwa buaya itu tersangkut di jaring warga bernama Mehluadi. "Memang buaya air tawar ini usianya sudah tergolong tua terjerat di rengge warga di Danau Butong. Buaya ditemukan dalam kondisi sehat," kata Perdi, Selasa (5/12/2017).

Buaya sapit atau buaya air tawar itu memang habitatnya di danau atau rawa, salah satunya Danau Butong. Bahkan, warga Desa Butong mengaku sering melihat penampakan buaya di sekitar danau. 'Memang buaya sapit tidak seganas buaya muara karena makanannya lebih dominan makan ikan' ujarnya.

Namun, Perdi tetap mengimbau warga berhati-hati. 'Bila warga di sekitar Danau Butong ada menemukan satwa liar yang dilindungi sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa tersebut, diharapkan menghubungi kami," kata dia.(RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru