Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Salurkan Bantuan 3000 Ekor Itik Alabio Tahun Ini

  • 06 Desember 2017 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pertanian, Kabupaten Kapuas menyalurkan bantuan 2000 ekor Itik Alabio kepada kelompok ternak di lima kecamatan yakni Mantangai, Basarang, Kapuas Murung, Bataguh dan Tamban Catur. Sehingga, dengan tambahan 2000 ekor ini, Dinas Pertanian telah menyalurkan bantuan 3000 ekor Itik Alabio kepada peternak di Kapuas selama tahun 2017.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Peternakan, Dinas Pertanian Kapuas Hery, penyaluran bantuan Itik Alabio ini karena prospek ternak ini sangat menjanjikan dan bisa dikembangkan di Kapuas.

"Selama tahun 2017 ini, sekitar 3000 ekor Itik Alabio yang sudah kami salurkan kepada kelompok ternak penerima manfaat. Untuk (yang didanai dengan) APBD Murni 1000 ekor dan ABT (APBD Perubahan) sekitar 2000 ekor disalurkan kepada kelompok ternak di lima kecamatan," kata Hery saat ditemui Borneonews di kantornya, Rabu (6/12/2017).

Sementara itu, lanjut dia, untuk bantuan hibah, pihaknya masih akan melakukan survei kelayakan dari beberapa kelompok yang sudah mengajukan proposal.

"Memang banyak proposal permohonan, karena bantuan hibah maka akan kita survey dulu, apakah kelompok yang bersangkutan layak dibantu," kata dia.

Ia menegaskan, kelompok pemohon bantuan hibah harus serius untuk mengembangkan ternaknya. Pasalnya, ada perjanjian pengawasan dari dinas yang dilakukan secara berkala.

"Kita akan terus melakukan pengawasan, apabila ada yang menjual (ternak bantuan) akan cacat bagi kami," tegas dia. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)


TAGS:

Berita Terbaru