Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Denpasar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Bencana Alam Ini Sering Terjadi di Mura

  • Oleh Risky Rivaldo
  • 07 Desember 2017 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Ada tiga bencana alam yang kerap terjadi di Kabupaten Murung Raya. Yakni banjir, longsor, dan kebakaran.

"Banjir identik disebabkan karena meluapnya air Sungai Barito dalam skala besar, sedangkan longsor sering terjadi akibat aliran air biasa bahkan hujan yang menimpa beberapa kali," ungkap Markudius Kepala BPBD Murung Raya Markudius Dani, Kamis (7/12/2017).

Namum menurut Markudius, longsor yang sering terjadi hanya di ruas jalan antara Puruk Cahu - Muara Teweh. Sepanjang tahun ini sudah dua kali longsor di ruas jalan itu.

Kemudian, longsor juga terjadi di tebing sungai baik di Desa Bahitom, Desa Juking Pajang dan Desa Batu Bua. "Bencana yang sering terjadi itu berawal dari perubahan lingkungan baik itu gangguan yang disebabkan pembakaran sengaja maupun tidak disengaja serta perilaku kita yang sering menebang pohon dan lingkungan di sekitar kita" Jelasnya

Selama ini kendala yang sering terjadi di antaranya dari segi personel, peralatan yang masih terbatas, dan juga kendala alam. "Letak geografi kita yang banyak memiliki pemukiman pegunungan dan perairan yang tidak tembus susah untuk dijangkau, karena hanya bisa menggunakan motor baik di darat dan kelotok untuk perairan." (RISKI RIVALDO/B-2)

Berita Terbaru