Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seluma Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masih Ada Jalan Selamatkan Ekspor Minyak Sawit ke Eropa

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 07 Desember 2017 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebelum resolusi diterapkan di Uni Eropa, masih ada kesempatan bagi Indonesia dan Malaysia untuk bernegosiasi agar ekspor minyak sawit tak jadi dihentikan.

Ketua Malaysian Palm Oil Council (MPOC), Datuk Lee Yeow Chor, seperti dilansir The Star, mengatakan rencana menghentikan impor minyak sawit yang tak memenuhi sertifikasi tunggal Eropa baru dalam tahap permohonan dan butuh waktu lima tahun untuk finalisasi.

"Untuk itu, masih ada waktu untuk bernegosiasi mengenai masalah ini dengan Uni Eropa," tegasnya.

'Keputusan final baru akan dibuat pada 2021. Baik Indonesia dan Malaysia telah menyuarakan sikap ketidaksetujuan mereka terhadap proposal itu dan kami masih punya waktu untuk mengubahnya," kata Lee, yang juga CEO dari IOI Corp. ini.

Menurut dia, keputusan Uni Eropa itu soal isu dagang, dan perdagangan itu harus saling menguntungkan. Jadi, bila resolusi sawit itu diterapkan, maka Malaysia dan juga Indonesia, juga bisa melakukan aksi balasan.

Adapun resolusi sawit itu dibuat untuk mendesak Uni Eropa meningkatkan upaya untuk mencegah deforestasi yang disebabkan oleh produksi minyak sawit. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru