Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Cilegon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orang Tua Anak Penderita Hidrosefalus Butuh Uluran Tangan Dermawan

  • Oleh Ramadani
  • 07 Desember 2017 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Aufa Azkiya, anak penderita hidrosefalus yang tinggal bersama orang tuanya di Jalan Sengaji Hulu, RT 18, Kelurahan Melayu, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, ternyata pernah dioperasi di Rumah Sakit Ulin, Banjarmasin pada 2015 lalu.

Namun, operasi itu belum mampu menyembuhkan penyakit yang diderita anak pasangan Marhat dan Mahrita tersebut. Apalagi selepas operasi, bocah 5 tahun itu tidak pernah kontrol lagi karena keterbatasan biaya.

'Pada 2015 lalu Aufa sempat dirawat selama tiga bulan dan menjalani operasi di Rumah Sakit Ulin Banjarmasin. Biayanya ditanggung BPJS Kesehatan yang dibayar oleh pemerintah daerah. Sehabis operasi tersebut Aufa tidak pernah lagi melakukan kontrol ke rumah sakit karena terkendala biaya' ungkap Mahrita, saat ditemui di kediamannya, Kamis (7/12/2017).

Orang tua Aufa memang merupakan keluarga tidak mampu. Mereka tinggal di sebuah barak kontrakan yang terbuat dari kayu. Ayah Aufa yakni Marhat, hanya seorang pekerja bangunan dan terkadang bekerja serabutan. Sedangkan sang ibu, Mahrita, hanya mengurus rumah tangga.

Aufa sendiri diketahui menderita hidrosefalus sejak umur 7 bulan. Penyakit itu membuat anak tersebut membutuhkan perhatian lebih ekstra. Selain itu, Aufa hanya bisa mengonsumsi cerelac dan susu.

'Waktu lahir anak saya kondisinya normal, tapi sejak umurnya 7 bulan terkena penyakit ini sampai sekarang usianya 5 tahun,' ujar Mahrita.

Ia sangat berharap ada uluran tangan, baik dari Pemkab Barito Utara maupun pihak lainnya agar sang buah hati bisa menjalani pemeriksaan serta pengobatan di Rumah Sakit Ulin Banjarmasin.

Pemeriksaan dan pengobatan harus dilakukan di Banjarmasin lantaran RSUD Muara Teweh belum memiliki peralatan untuk menangani penyakit hidrosefalus 'Kami harap ada pihak yang mau membantu agar kami bisa membawa Aufa Azkiya kontrol ke Rumah Sakit Ulin Banjarmasin,' tutur Mahrita. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru