Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lamongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fungsi Persandian Bakal Dimaksimalkan Hadapi Kejahatan Dunia Maya

  • 07 Desember 2017 - 17:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Fungsi Bidang Persandian, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas bakal dimaksimalkan untuk menghadapi kejahatan di dunia maya. Hal itu terungkap saat rapat koordinasi terkait kegiatan yang bakal dilaksanakan pada tahun 2018 yang digelar di Kantor Diskominfo Kapuas, Kamis (7/11/2017).

Dalam rapat itu, Sekretaris Diskominfo Kapuas Suwarno Muriyat didampingi Kabid Persandian Yahya dan sejumlah pejabat dan staf Diskominfo Kapuas melakukan koordinasi dengan Kepala Bidang (Kabid) Persandian, Dinas Komuniasi Informasi Persandian dan Statistik (Diskomsantik) Provinsi Kalteng Rusmawarni yang didampingi sejumlah kepala seksi.

"Kami saat ini juga sedang melakukan penjajakan kerjasama dengan Lembaga Sandi Negara tentang sertifikasi elektronik dan pelatihan Sandiman yang melibatkan seluruh Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah," terang dia.

Ia melanjutkan pihaknya saat ini juga sedang mempersiapkan Rancangan Peraturan Gubernur tentang Tata Kelola Persandian di Kalimantan Tengah. Ia menegarkan peran dan fungsi persandian akan dimaksimalkan dengan menyediakan berbagai metode dan teknik untuk memberikan keamanan informasi.

Sehingga, kata dia, warga Kalteng bisa terhindar dari kejahatan dunia maya seperti penipuan, pemalsuan informasi dan pencurian data yang memanfaatkan ranah siber dan internet. "Apalagi jika kontennya masuk dalam rahasia negara. Fakta sekrang ini, hampir semua transaksi dilakukan melalui media internet baik urusan pemerintahan, pendidikan, bisnis maupun yang sifatnya pribadi, " terang dia.

Sementara itu, Sekretaris Diskominfo Kapuas Suwarno Muriyat menjelaskan struktur, kedudukan dan program prioritas Diskominfo 2018 secara khusus menjelaskan tentang peralatan pengamanan jaringan handphone (zimmer) yang dapat pula berfungsi sebagai penjinak bom.

'Kami hanya memiliki satu orang sandiman yang bertugas mengelola peralatan persandian agar informasi yang diterima maupun yang dikeluarkan pimpinan tetap akuntabel. Kedepan kami akan menambah tenaga sandiman serta jabatan fungsional persandian lainnya' jelas Suwarno. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru