Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Medan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Ingatkan Perusahaan Wajib Terapkan K3

  • Oleh Naco
  • 07 Desember 2017 - 20:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Rudianur meminta agar semua pihak yang mempekerjakan karyawan untuk bisa komitmen menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

"Penerapan K3 ini untuk melindungi pekerja, mengurangi resiko kecelakaan kerja, meningkatkan produktivitas dan meningkatkan daya saing perusahaan," kata Rudianur, Kamis (7/12/2017).

Rudianur mengatakan, DPRD terus mendorong partisipasi aktif dari masyarakat industri untuk bersatu padu bersama pemerintah dan masyarakat luas, agar terus berusaha mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan melaksanakan budaya K3 di perusahaan.

Menurutnya permasalahan, K3 bukan hanya sebatas masalah ketenagakerjaan tapi lebih dari itu. Seharusnya, pemerintah secara kongkrit menggaungkan sadar K3 ke perusahaan agar pekerja mereka mengutamakan itu.

Rudianur juga meminta dinas terkait terus aktif mengecek pekerja di lapangan, karena kalau sudah turun ke lapangan dan melihat ada perusahaan tidak menjalankan K3, agar segera diberikan sanksi.

"Contohnya apabila mesin tidak layak segera beri sanksi biar ada efek jera. Harus digalakkan sadar K3 secara konkret dengan cara memberikan alat perlindungan diri bagi pekerja maupun mesin," tandasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru