Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

308 Nelayan di Sukamara Diasuransikan

  • Oleh Norhasanah
  • 08 Desember 2017 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Sukamara Yofi Yudistira mengatakan, tahun 2017 ini sebanyak 308 nelayan di kabupaten tersebut telah terlindungi dengan asuransi nelayan yang merupakan program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Program asuransi nelayan dimulai sejak 2016. Hingga saat ini sudah ada 308 orang yang masuk dan terdaftar dalam asuransi nelayan," ujar Yofi Yudistira, Jumat (8/12/2017).

Menurut Yafi, untuk tahun 2018 pihaknya sudah kembali mengajukan permohonan penambahan jumlah asuransi nelayan, mengingat petingnya asuransi bagi nelayan yang bekerja pergi kelaut untuk menangkap ikan.

"Untuk tahun 2018 sudah ada kita ajukan kembali," terangnya

Yofi mengatakan, angka partisipasi masyarakat nelayan untuk mendaftarkan diri dalam asuransi nelayan semakin meningkat dan dirinya sangat mengapresiasi hal tersebut.

"Dulu kita susah sekali mengajak para nelayan untuk masuk dalam asurasi, bahkan untuk memberikan kemudahan pada mereka kita sampai melakukan jemput bola," ujarnya.

Dikatakannya, setelah adanya kejadian nelayan yang meninggal dunia akibat dipatuk ular laut, membuat kesadaran para nelayan bahwa mendaftarkan diri dalam asuransi sangatlah penting, mengingat pekerjaan yang ditekuni cukup berisiko.

"Alhamdulilah sekarang sudah banyak nelayan yang minta daftarkan agar bisa masuk asuransi, bahkan melebihi kuota yang diberikan oleh pemerintah pusat." ucap Yofi Yudistira. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru