Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bantul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Danrem 102 Tegaskan Prajurit TNI Harus Netral Pada Pilkada

  • Oleh Budi Yulianto
  • 08 Desember 2017 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Komandan Korem 102/Panju Panjung Kolonel Arm M Naudi Nurdika, mengatakan bahwa salah satu materi yang disampaikan pada kegiatan Apel Danramil dan Babinsa di Sabaru, Kota Palangka Raya, Jumat (8/12/2017),Apel Danramil dan Babinsa di Sabaru, Kota Palangka Raya, Jumat (8/12/2017), ialah tentang pengamanan proses pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018.

Ia juga menegaskan bahwa seluruh prajurit TNI harus netral. 'Yang jelas, TNI harus netral dalam pilkada,' tegas dia kepada wartawan seusai memberikan arahan bagi ratusan prajurit TNI.

Selain tentnag pilkada, materi pada kegiatan itu juga berkaitan dengan maraknya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Kemudian ketahanan pangan dan tugas pokok Danramil maupun Babinsa.

'Kegiatan ini untuk mengisi kemampuan para Babinsa atau menambah kemampuan mereka yakni di dalam dan di luar,' ungkapnya.

Menurut Naudi, salah satu hal yang perlu ditingkatkan Babinsa yakni cara berkomunikasi sosial. 'Mereka harus tahu persis bahwa komunikasi sosial tidak hanya bersifat di lingkungan aparat. Tapi seluruh komponen masyarakat dan itu tidak terbatas waktunya. Kalau berkomunikasi baik, maka segala tugas akan dapat dilaksanakan dengan mudah,' sebutnya.

'Kemudian sinergitas. Babinsa harus bisa bersinergi dengan polisi, kepala desa, tokoh masyarakat, agama, dan lain-lain. Dengan demikian, pelaksanaan pilkada tentunya bisa berjalan aman dan lancar,' ungkapnya.

Sedangkan untuk Danramil, Danrem berpesan supaya mampu menguasai lima terotorial. Salah satunya manajemen teritorial komunikasi sosial dan penguasaan wilayah.

'Kalau lima teritorial mampu dikuasai, mereka dapat bekerja dengan lebih baik. Namun, jika tidak bisa menguasai, lantas bagaimana bisa menjabarkan ke masyarakat,' tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru