Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Rencanakan Napak Tilas ke Betang Tumbang Gagu

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 09 Desember 2017 - 17:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memiliki beragam situs bersejarah, salah satu yang terpopuler adalah Rumah Betang di Desa Tumbang Gagu, Kecamatan Antang Kalang. Terkait itu, pemkab berencana melakukan napak tilas ke rumah khas suku Dayak yang berdiri sejak ratusan tahun lalu tersebut.

"Napak tilas ke Rumah Betang di Desa Tumbang Gagu, akan dilakukan sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi Kotim ke - 65 pada 2018 mendatang," kata Bupati Kotim Supian Hadi, Sabtu (9/12/2017).

Supian menjelaskan, pihaknya masih merancang rencana napak tilas ke Betang Tumbang Gagu tersebut. Guna dimasukan sebagai salah satu rangkaian peringatan HUT Kotim.

Pihaknya akan mengajak sejumlah satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) di Kotim, serta menggelar kemah atau menginap selama beberapa hari di tempat bersejarah tersebut.

Untuk diketahui, perjalanan menuju ke Rumah Betang Tumbang Gagu dari Sampit, membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 12 jam. Perjalanan diawali dari Sampit menuju Kecamatan Antang Kalang menggunakan jalur darat selama 5 - 6 jam. Kemudian dengan lama waktu perjalanan yang sama dilanjutkan menggunakan perahu atau klotok ke Desa Tumbang Gagu. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru