Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Siak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Persiapkan Aksi Pembangunan Pangan Dan Gizi

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 09 Desember 2017 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Provinsi Kalimantan Tengah segera menindaklanjuti Rencana Aksi Nasional Pangan dan Gizi (RAN-PG). Saat ini sedang disiapkan rancangan peraturan gubernur (pergub) Kalteng tentang RAN-PG untuk menguatkan aksi nasional tersebut.

RAN-PG adalah rencana aksi tingkat nasional berisi program serta kegiatan di bidang pangan dan gizi guna mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing.

'Pergub tentang RAN-PG sudah disusun dan menunggu ditandatangani gubernur,' ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng Sunarti kepada Borneonews, Sabtu (9/12/2017).

Sunarti menuturkan, Perpres Nomor 83 Tahun 2017 tentang Kebijakan Strategis Pangan dan Gizi telah mengamanatkan penyusunan RAN-PG sebagai arah pembangunan pangan dan gizi.

Ada lima pilar dalam Perpres itu yang harus dilakukan. Yaitu perbaikan gizi masyarakat, peningkatan aksesibilitas pangan yang beragam, mutu dan keamanan pangan, perilaku hidup bersih dan sehat, serta koordinasi pembangunan pangan dan gizi.

'Program kebijakan strategis pangan dan gizi ini meliputi ketersediaan pangan, keterjangkauan pangan, pemanfaatan pangan, perbaikan gizi masyarakat, dan penguatan kelembagaan pangan. Ini yang harus kita laksanakan,' tutupnya. (ROZIQIN/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru