Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lebong Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tangkap Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 09 Desember 2017 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Membentuk mental mahasiswa yang mumpuni bukan dipengaruhi tempat kuliah, melainkan cara yang diterapkan dalam membentuk karakter.

Demikian disampaikan Guru Besar Universitas Palangka Raya (UPR) Sulmin Gumiri saat menutup training mahasiswa fresh graduate, Sabtu (9/12/2017).

'Bila ada tawaran keluar negeri, kuliah atau pertukaran pelajar, ambil saja kesempatan itu. Jangan patah semangat. Ini soal berwawasan dan membentuk karakter Anda,' ungkap Sulmin yang juga menjabat sebagai kepala kantor Urusan Internasional UPR.

Sulmin bersama tim, memang membuat program yang tujuannya membekali mahasiswa terpilih karena kemampuan akademis untuk menjadi lulusan unggulan, yang kelak bisa diharapkan membawa nama baik UPR di masyarakat.

Belasan mahasiswa digembleng selama tiga pekan untuk melengkapi kemampuan mereka dalam hal pengembangan diri. Belasan mahasiswa itu berasal dari berbagai program studi.

'Tiga minggu telah bersama harus menjadi bahan untuk meningkatkan kemampuan dan berinovasi terus. Potensi hebat karena digembleng. Meski prodi berbeda, kita saling jaga silaturahim dan harus maju bersama-sama,' pinta Sulmin.

'Pintarlah poles diri, perluas pergaulan, dan perbanyak networking. Menjaga pertemanan itu harus. Kenapa ada orang yang pintar lalu sukses dan ada yang pintar tapi tidak sukses Itu karena masalah motivasi dan networking tadi,' tutupnya. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru