Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Kapuas Hibahkan Berbagai Jenis Ternak

  • 10 Desember 2017 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas ' Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas menyalurkan bantuan ratusan ternak kambing, babi, dan sapi kepada kelompok ternak dalam bentuk hibah.

Menurut Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kapuas Hery, bantuan tersebut berupa 152 ekor kambing, 175 ekor babi, dan 60 ekor sapi yang dananya bersumber dari APBD 2017.

"Bantuan ternak sapi tahun ini 60 ekor melalui anggaran perubahan sedangkan kambing dari APBD murni 60 ekor dan anggaran perubahan 95 ekor. Sedangkan babi 100 ekor dan 75 ekor di tahun 2017 ini dan sudah disalurkan kepada kelompok ternak," kata Hery, Minggu (10/12/2017).

Daerah yang menerima ternak sapi yakni Mantagai, Pasak Telawang, Kapuas Tengah, Timpah, Kapuas Murung, Bataguh dan Kapuas Hilir. Setiap kelompok diberi bantuan 5 ekor.

"Penyaluran sapi ini belum terlaksana kerena kita baru usulkan di anggaran perubahan kemarin. Kalau untuk kambing 152 ekor sudah disalurkan ke Kapuas Hulu, Kapuas Kuala, Bataguh, Mantangai, Dadahup, dan Kapuas Timur. Setiap kelompok dapat 10 ekor," terangnya.

Dia menambahkan, untuk ternak babi 175 ekor disalurkan di daerah non pasang surut seperti ke Kapuas Hulu, Kapuas Tengah. Selain itu ada juga disalurkan ke daerah pasang surut, yaitu Basarang, Kapuas Barat, dan Kapuas Hilir.

"Setiap kelompok kami bantu 10 ekor babi. Kita berharap dengan adanya hibah ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sehingga mereka bisa mandiri, tidak tergantung lagi dengan pemerintah daerah," pungkasnya. (DJIMMY/B-5)

Berita Terbaru