Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Temukan Tiang Ulin yang Diduga Bekas Kerajaan Bataguh

  • Oleh Hamdi
  • 10 Desember 2017 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kerajaan Bataguh, merupakan salah satu kerajaan yang ada di Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas pada masa lalu. Waktu itu, Kerajaan Bataguh dipimpin oleh Nyai Undang, pimpinan Suku Dayak. Sisa-sisa puing bangunan dari Kerajaan Bataguh tersebut pun sampai saat ini masih banyak ditemukan, tepatnya di Desa Alai Kupang, Kecamatan Bataguh.

Berdasarkan informasi, sisa puing bangunan tersebut diduga bekas Kerajaan Bataguh. Konon beberapa tahun lalu, Kerajaan Bataguh berada di sana. Bahkan, warga sekitar sering berburu (mendulang) emas di sekitaran kerajaan tersebut.

Alhasil, banyak yang menemukan emas di lokasi itu. Tapi sekarang, sudah tidak ada lagi masyarakat yang menemukan emas. Hanya saja, baru-baru ini warga menemukan bekas puing Kerajaan Bataguh, seperti tiang yang ukurannya sangat besar terbuat dari ulin. "Iya, entah pagar atau tiang saya kurang tahu," kata Dayat, warga Bataguh, Minggu (10/12/2017).

Namun, karena kurang diperhatikan, situs bersejarah di sana seakan terlantar. "Masih ada sisa-sisa bangunan lainnya di tempat tersebut, namun karena tidak terperhatikan jadi banyak yang tidak mengetahui," sebutnya.

Banyak sejarah-sejarah yang ada di Kabupaten Kapuas yang belum terkuak, termasuk Kerajaan Bataguh tersebut. "Kita berharap pemerintah bisa membangun museum agar sejarah Kapuas bisa diketahui generasi penerus kita," pungkasnya. (HAMDI/B-2)

Berita Terbaru