Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ekonomi Masyarakat Bisa Dibangun Melalui Perusda

  • Oleh Naco
  • 10 Desember 2017 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Jhon Krisli menyebut, pemkab harus membangun perekonomian masyarakat dari bawah yakni dengan membentuk dan mendirikan badan usaha ataupun perusahaan daerah (perusda). "Perusda ini bisa saja bergerak dalam pengolahan buah kelapa sawit, pengolahan rotan, karet dan sebagainya," kata Jhon, Minggu (10/12/2017).

Dia menilai, dengan banyaknya perkebunan masyarakat baik karet dan kelapa sawit bisa ditampung oleh perusahaan milik pemerintah daerah. Sehingga tidak hanya bergantung dengan sektor perkebunan saja.

Selama ini politisi PDI Perjuangan ini menyebut, pemkab tidak pernah berinovasi mengembangkan perusda di Kotim. Padahal perusda ini akan memberikan angin segar kepada para petani.

Lanjut Jhon, petani karet dan rotan selama ini hanya bergantung kepada salah satu pabrik pengolahan saja di Kotim sehingga tidak ada persaingan harga dan petani terpaksa menjual karena tidak ada pilihan lagi.

Dengan adanya perusda tentu akan tejadi persaingan pasar, harga akan bervarisasi, petani akan diuntungkan. Di sisi lain, perusda juga tidak merugi. "Terobosan seperti inilah yang harusnya dilakukan selama ini," tandasnya.

Selain itu, guna menghadapi booming perkebunan masyarakat di sektor kelapa sawit, pemkab juga harus merencanakan agar perusda ini memang benar-benar bisa mendongkrak ekonomi masyarakat, khususnya para petani lokal. (NACO/B-2)

Berita Terbaru