Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pelalawan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Distanak Terus Upayakan Peningkatan Produksi Pertanian di Kabupaten Kapuas

  • Oleh Hamdi
  • 11 Desember 2017 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas '  Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Kapuas terus berupaya agar Kabupaten Kapuas tetap mempertahankan predikatnya sebagai lumbung padi Kalteng. Salah satunya dengan cara meningkatkan produktivitas pertanian di Kapuas dengan cara meluncurkan program-program yang bermanfaat bagi para petani seperti pengadaan irigasi yang cukup.

"Ada sebanyak 78 irigasi air yang saat ini masih dalam tahap pemeliharaan kita, semuanya secara fisik telah selesai 100 persen,' ungkap Kepala Distanak Kabupaten Kapuas, Anjono Bhakti Djoedir melalui Kepala Bidang Sarana Prasarana Pertanian, Putra Adala saat ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Senin (11/12/2017)

Saat ini, lanjut dia, ada 12 Kecamatan di daerah pasang surut yang sudah merasakan manfaat dari irigasi tersebut. Daerah yang menjadi prioritas utama program pengadaan irigasi ini memang daerah yang sektor pertaniannya lebih besar. 'Seperti Bataguh, Tamban Catur, Terusan. Daerah tersebut kita prioritaskan untuk program ini,' sambungnya.

Meski begitu, tegas dia, bukan berarti daerah-daerah lain untuk pertaniannya dilupakan, pihaknya tetap memberikan sarana dan prasarana yang sama. 'Jadi untuk mengoptimalkan yang ada, kita prioritaskan untuk daerah-daerah sektoral,' sebutnya.

Menurut Putra, dengan adanya irigasi air tersebut, para petani bisa mengatur airnya sendiri sesuai dengan kebutuhan tanaman padi. 'Pastinya ini sangat berpengaruh dengan produksi pertanian nantinya,' pungkasnya. (HAMDI/B-8)

Berita Terbaru