Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Guru Wajib Arahkan Anak Didik Untuk Revolusi Mental

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 11 Desember 2017 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Guru-guru di Kalimantan Tengah diimbau untuk semakin mencitrakan diri sebagai sosok teladan. Ini berkaitan dengan penguatan moral, karakter, dan revolusi mental.

'Mereka memiliki tanggung jawab membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olahhati, olahrasa, olahpikir, dan olahraga,' kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-72 PGRI, Senin (11/12/2017).

'Di samping itu, guru dan tenaga kependidikan juga harus mampu mengelola kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat untuk mengobarkan Gerakan Nasional Revolusi Mental,' lanjutnya.

Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, mengamanatkan bahwa guru sebagai sosok utama dalam satuan pendidikan. Karena itu, tema yang diangkat dalam peringatan kali ini yakni Membangun Pendidikan Karakter melalui Keteladanan Guru, erat kaitannya dengan implementasi Perpres tersebut.

Gubernur berpesan, urgensi penguatan karakter semakin mendesak seiring dengan tantangan berat yang bakal dihadapi di masa mendatang. Peserta didik saat ini adalah calon generasi emas Indonesia pada 2045. Karenanya, harus memiliki bekal jiwa pancasilais yang baik guna menghadapi dinamika perubahan yang sangat cepat dan tidak terduga.

'Oleh karena itulah, kita mendukung guru-guru kita untuk terus bekerja keras mewujudkan generasi penerus yang cerdas dan beraklak mulia. Guru harus menjadi sumber keteladanan,' pungkas Gubernur yang dalam kesempatan itu membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru