Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Utara: Masyarakat Jangan Hanya Usulkan Program Pembangunan Fisik

  • Oleh Ramadani
  • 12 Desember 2017 - 08:04 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Anggota DPRD Barito Utara, Mustafa Joyo Muhtar mengharapkan masyarakat bukan hanya mengusulkan program fisik saja untuk pembangunan di desa, namun hendaknya perlu usulan non fisik.

Menurutnya program non fisik akan sangat berguna bagi perkembangan sumber daya manusia dipedesaan nantinya.

Usulan non fisik dapat berupa program pemberdayaan misalnya pelatihan membuat karya seni yang bisa menjadi salah satu produk unggulan bagi daerah.

Sehingga seluruh masayarakat desa bisa memperoleh skil atau kemampuan misalnya membuat kerajinan yang hasilnya nanti bisa dijual ke pasaran dan bisa membantu peningkatan perekonomian masyarakat.

'Selama ini banyak usulan warga hanya seputar pembangunan fisik saja, sehingga melupakan pembangunan mental, karakter bahkan sumber daya manusia karena dimanjakan dengan bantuan dari pemerintah daerah saja,' ujarnya, Selasa (12/12/2017).

Diterangkan, ke depan sangat penting untuk melakukan pembangunan berbasis pengembangan sumber daya manusia. Karena ini akan menjadi modal massyarakat untuk bersaing dengan perkembangan jaman.

'Sudah saat juga pemerintah daerah jangan hanya memberi ikan, tapi hendaknya memberi kail dan pancing, sehingga desa bisa mandiri dan berdikari,' ungkapnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru