Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesawaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Kotaku Menyasar Kawasan Pemukiman Pinggir Sungai

  • Oleh Testi Priscilla
  • 12 Desember 2017 - 10:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Sugianor menyebut, ada delapan lokasi di delapan kelurahan yang menjadi target program kota tanpa kumuh (kotaku).

"Kawasan yang masuk program Kotaku ini ada di delapan kelurahan wilayah Palangka Raya. Namun konsepnya dibagi menjadi tiga blok kawasan dengan menonjolkan pengembangan sebagai kawasan wisata water front city dan kawasan pemukiman," jelas Sugianor, Selasa (12/12/2017).

Menurut Politisi PKB Kota Palangka Raya ini memang seluruh kawasan yang masuk dalam program kotaku ini berada di wilayah bantaran Sungai Kahayan. "Kita tahu ya bahwa kawasan kumuh di Palangka Raya memang adanya di pinggiran sungai Kahayan. Tentu kita berharap ini bisa segera ditata karena selain tujuannya untuk menjadikan Palangka Raya ini cantik, kita juga ingin melindungi masyarakat sebenarnya," tutur Sugianor.

Menurut Ketua DPC PKB ini, masyarakat yang bermukim di pinggir sungai itu rentan mengalami bencana banjir. Apalagi seperti saat ini Palangka Raya sudah memasuki musim hujan sehingga debit air meningkat, masyarakat di pinggir sungai tentu akan mengalami kebanjiran.

"Memang kan tidak aman tinggal di pinggir sungai itu. Selain sanitasi yang kurang memadai, kalau air naik juga bahaya banjir mengancam. Jadi sebenarnya menata kota ini dalam program kotaku memang tujuannya benar-benar untuk kepentingan masyarakat jadi kami minta masyarakat bisa bekerja sama dengan pemerintah dalam hal ini," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru