Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Paser Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdagperin Upayakan Stabilisasi Harga Jelang Tutup Tahun

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 12 Desember 2017 - 20:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdagperin) Provinsi Kalimantan Tengah terus berupaya mengantisipasi lonjakan harga menjelang Natal dan tahun baru 2018.

Ini karena pengalaman setiap peringatan hari besar keagamaan, selalu diwarnai pergerakan harga, terutama kebutuhan pokok. Salah satu cara menjaga stabilitas harga adalah dengan program pasar murah dan operasi pasar.

'Kita lakukan operasi pasar dan pasar murah. Operasi pasar dilakukan antara lain di Pasar Kahayan Jalan Tjilik Riwut dan Pasar Besar Jalan A Yani (Kota Palangka Raya), bekerja sama dengan Bulog Kalteng,' ungkap Kepala Disdagperin Kalteng Katma F Dirun, Selasa (12/12/2017).

Katma juga menyebutkan, pihaknya terus memantau pergerakan harga di pasaran. Setidaknya ada dua pasar yang menjadi indikator, yakni Pasar Besar dan Pasar Kahayan, Kota Palangka Raya. Berdasarkan pemantauan sementara, saat ini harga kebutuhan masih tergolong stabil.

'Rata-rata pedagang di Pasar Kahayan ini kan mengambilnya dari Pasar Besar. Oleh sebab itu, harga di sini pun relatif lebih tinggi bila dibandingkan dengan pasar besar.'

Katma yang bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti mengunjungi Pasar Kahayan, mengatakan upaya yang diusahakan adalah menghentikan rantai perdagangan tersebut agar harga lebih murah. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru