Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Barru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tiga Instruksi Dirjen Perdagangan Saat Datang ke Palangka Raya

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 13 Desember 2017 - 09:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri (PDN) pada Kementerian Perdagangan, Tjahya Widayanti menginstruksikan tiga hal saat datang ke Palangka Raya, Selasa (12/12/2017).

Kedatangannya dalam rangka pemantauan harga dan Rapat Koordinasi (Rakor) kesiapan menghadapi Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Dia mengatakan Kementerian Perdagangan terus berupaya menjaga stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

'Pemerintah tetap perlu menempuh tiga langkah antisipatif untuk menghadapi momen ini. Langkah-langkah tersebut adalah pertama, mengidentifikasi ketersediaan pasokan dan memantau harga secara nasional di daerah,' tandasnya.

Kedua, mengidentifikasi kesiapan instansi dan pelaku usaha untuk menghindari kekurangan stok atau gangguan distribusi.

Ketiga, lanjutnya, meningkatkan pengawasan barang beredar agar masyarakat terhindar dari barang kedaluwarsa, barang selundupan, serta barang impor yang tidak aman dikonsumsi atau digunakan.

'Pemerintah Pusat akan terus berkoordinasi dengan Dinas yang membidangi perdagangan di daerah untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pokok. Hal ini untuk menjamin masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan khidmat dan tenang. Kalau stok cukup, tidak kendala distribusi, kenapa ada barang naik,' ungkap Tjahya. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru