Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Gunung Mas Gelar Lomba Cerdas Cermat Kesadaran Hukum

  • 13 Desember 2017 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Gunung Mas (Gumas) menggelar kegiatan kesadaran hukum tingkat SMA/SMK se-kabupaten tersebut di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Tampung Penyang, Kuala Kurun, Rabu, (13/12/2017).

Pelaksana tugas Sekda Gumas Ambo Jabar saat membacakan sambutan tertulis Bupati Gunung Mas Arton S Dohong menyampaikan, tujuan dilaksanakannya kegiatan lomba. Selain untuk seleksi peserta lomba yang nantinya mengikuti lomba kesadaran hukum di tingkat Provinsi Kalimatan Tengah (Kalteng). kegiatan itu juga untuk menumbuhkan kesadaran hukum.

"Karena kesadaran hukum masyarakat merupakan kunci utama bagi terbentuknya budaya hukum yang baik pada suatu bangsa, budaya hukum adalah bagian atau sub sistem dari sistem hukum," ujar Ambo.

Menurut dia, kesadaran dan kecerdasan hukum masyarakat yang dipahami sejak din. Akan membawa konsekuensi meningkatkan kepatuhan hukum yang timbul ditengah-tengah masyarakat. Kemudian, membawa konsekuensi meningkatkan kepatuhan hukum, pembelajaran hukum sebagai suatu kebiasaan dan memberi kepantasan atau kecakapan sebagai subjek hukum.

"Saya mendukung kegiatan ini, karena pembangunan masyarakat sadar dan cerdas hukum dari usia sejak dini menjadi penting dalam merespon muncul, dekadensi moral (penurunan standar kemoralan) dan pemahaman substansi dan penyelesaian sengketa hukum yang timbul ditengah-tengah masyarakat," ucapnya. (EPRA SENTOSA/B-5)

Berita Terbaru