Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buton Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pariwisata Lamandau Latih Kelompok Sadar Wisata

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 13 Desember 2017 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Masyarakat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Kabupaten Lamandau ini cakap dalam memberikan pelayanan terhadap wisatawan yang berkunjung ke Bumi Bahaum Bakuba. Harapan ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Lamandau Frans Evendi saat membuka Pelatihan Jasa Industri Usaha Pariwisata, di Aula Kantor Camat Bulik, Rabu (13/12/2017).

Karena selain objek wisatanya, salah satu faktor penentu yang dapat menjadi pendukung dalam kemajuan sektor wisata adalah kompetensi sumberdaya manusia yang terlibat dalam usaha kepariwisataan tersbut.

"Dalam rangka pengelolaan kepariwisataan, bukan semata mata hanya obyek wisatanya saja yang harus baik, namun juga harus diimbangi dengan kemampuan sumber daya manusia (SDM), khususnya para pemandu wisata atau 'guide' lokal," sebutnya.

Pemandu lokal, sambung Frans, harus memiliki keterampilan yang mumpuni untuk cakap dalam memberikan pelayanan, mulai dari pengetahuan atas objek wisata yang menjadi objek kunjungan dan berbagai penyokong yang ada di sekitar objek wisata yang dikunjungi.

"Termasuk juga guide lokal harus menjaga 'attitude' yang baik agar wisatawan betul-betul nyaman dan berkeinginan untuk menambah durasi kunjungan," sebutnya.

Diketahui, pelatihan kala itu juga diikuti oleh puluhan masyarakat lokal dari kecamatan Delang yang tergabung dalam Pokdarwis daerah tersebut. Kecamatan Delang sendiri dikenal sebagai daerah tujuan wisata dan budaya di kabupaten Lamandau.

Frans juga berharap agar kegiatan itu dapat memberikan dampak positif bagi dunia pariwisata yang ada di kabupaten Lamandau, yang pada akhirnya juga akan berdampak pula pada meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, tandasnya. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru