Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buru Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penyebab Utama Tabrakan Antara KM Kelimutu dengan KM Maju 88

  • 13 Desember 2017 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kecelakan air antara KM Kelimutu dengan KM Maju 88 ternyata disebabkan kemudi KM Kelimutu yang sulit dikendalikan.

"Kecelakaan itu disebabkan kemudi KM Kelimutu yang kehilangan kendali, sehingga kapal pun melewati jalur perlintasan, melebar ke kanan. Dan saat berpapasan langsung menabrak KM Maju 88," ucap Toto Sukarno, Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sampit, Rabu (13/12/2017).

Toto melanjutkan, kecepatan KM Kelimutu sebenarnya masih di batas normal yakni sekitar 9 knot. Sama halnya dengan KM Maju 88. Dengan kondisi arus air sungai mentaya yang deras tidak bergelombang dan jalurnya dalam keadaan gelap juga dinilai salah satu penyebab kecelakaan tersebut.

Atas kejadian tersebut, badan KM Kelimutu mengalami robek sekitar 3 meter. Beruntung berpenumpang 511 tujuan Surabaya kapal tersebut punya dua lapisan lempeng baja, sehingga tidak terjadi kebocoran.

Sementara itu, KM Maju yang saat itu tengah membawa pupuk mengalami kerusakan yang cukup parah di bagian haluan kiri berdiameter 15 meter. Dalam peristiwa ini kerugian ditaksir Rp300 juta.

Kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa. Kasus ini ditangani  KSOP Klas III sampit. (ACHMAD SYIHABUDDIN/B-5)

Berita Terbaru