Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapuas Jadi Salah Satu Titik Rencana Perpindahan Ibu Kota Negara

  • 13 Desember 2017 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas ' Kabupaten Kapuas menjadi salah satu titik rencana pemindahan Ibu Kota Negara. Ada tiga provinsi di Kalimantan yang menjadi rencana pemindahan ibukota RI tersebut yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Untuk Kalteng ada tiga titik, yakni Palangka Raya, Gunung Mas dan Kapuas.

Hal itu diungkapkan Anggota Tim Kajian Pemindahan Ibukota Negara Kombes Pol Drs Supriyadi SIK saat ditemui Borneonews di di Kantor Bappeda Kapuas, Rabu (13/12/2017).

"Kedatangan kami ke Kalimantan Tengah, ke Kabupaten Kapuas untuk melakukan studi kelayakan dan kajian atas wacana pemindahan Ibu Kota negara ke tiga wilayah di Kalimantan," kata Supriyadi kepada Borneonews.

Menurut pria yang menjabat sebagai Kasubdiv Audit dan Inpeksi Korlantas Polri ini, hasil kajian bakal dibawa ke tingkat pusat, apakah layak atau tidak untuk menjadi pusat pemerintahan RI.

"Kalau melihat penjelasan pemerintah daerah, pada intinya semua ingin, tetapi pendapat perorangan pasti berbeda," kata dia.

Ia menjelaskan struktur wilayah dan tanah sebagian lahan gambut. Sehingga dari sisi anggaran sangat tinggi, untuk biaya pembangunan jika dibandingkan dengan daerah lain yang sedikit lahan gambutnya.

"Banyak aspek kajian yang dilakukan yang berpengaruh terhadap pembangunan dan proses perpindahan ibu kota negara, baik itu infrastruktur jalan, sosial masyarakatnya,listrik,komunikasi, transportasi yang menjadi kajian layak tidaknya menjadi pusat pemerintahan.dan nantinya berpengaruh terhadap sisi keamanannya," pungkasnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru