Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukoharjo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penanaman Pohon Harus Bisa Sejahterakan Warga

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 14 Desember 2017 - 14:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran berharap adanya gerakan menanam pohon mampu memacu kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Penekanan ini disampaikan pada kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional tingkat Provinsi Kalteng yang berlangsung di SMAN 3 Palangka Raya, Kamis (14/12/2017).

"Harus bisa mensejahterakan masyarakat sekitarnya. Dan kegiatan menanam pohon ini harus bisa kita tularkan ke seluruh masyarakat agar menanam 25 batang seumur hidup," imbau gubernur yang disampaikan Asisten Administrasi Umum I Kethut Widhie Wirawan.

Kethut yang berpidato membacakan sambutan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) ini mengatakan pemerintah akan sediakan bibit yang dapat diperoleh masyarakat secara gratis.

Selain pemerintah dan masyarakat, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) diminta berpartisipaai dan penggalakkan gerakan menanam ini.

Jenis tanaman yang diberikan percuma nantinya adalah pohon bibit tanaman multi purpose tree species (MPTS) yang merupakan jenis tanaman hutan. Totalnya mencapai 1 juta batang di Kalteng.

Untuk MPTS uang ditanam di SMAN 3 ini adalah jenis pohon buah-buahan seperti nangka, rambutan, sawo, dan pohon kayu antara lain trembesi, angsana, ulin, dan sebagainya.

"Ke-70 batang pohon ditanam di halaman depan sekolah dan 400 batang pohon di tanam di halaman belakang sekolah," terangnya. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru