Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Kotabaru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seluruh Guru Kontrak Tingkat SMA Segera Diuji Kompetensi

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 14 Desember 2017 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Guru kontrak di Provinsi Kalimantan Tengah bakal diuji kompetensi. Ujian kali ini khusus untuk guru SMA/SMK/SLB.

Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Slamet Winaryo mengatakan, total guru yang diwajibkan uji kompetensi sebanyak 2.880 orang.

'Jadi nantinya mereka akan dilakukan uji komptensi terkait kemampuan mereka. Berbagai sumber, baik yang berstatus guru kontrak, honorer, atau guru tidak tetap (GTT), semuanya harus ikut. Data yang ada total sebanyak 2.880 orang,' sebut Slamet kepada Borneonews, Kamis (14/12/2017).

Dengan mekanisme 'perekrutan' seperti ini, secara tidak langsung akan mendapatkan peta atau gambaran tentang kualitas guru.

Slamet tidak menampik, nantinya ada kemungkinan jumlah guru kontrak akan berkurang jika mereka tidak bersungguh belajar demi meningkatkan kemampuan.

Ia menegaskan, penerapan uji kompetensi merupakan arahan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalteng. Tujuannya, untuk melihat dengan komperehensif kemampuan guru sebelum diberikan kontrak kerja dengan pemerintah.

'Sesuai dengan arahan dari BPK RI bahwa mereka harus dilakukan tes kompetensi seberapa jauh mereka menguasai atau seberapa profesional mereka dalam mengajar di sekolah, sebelum akhirnya direkrut atau dikontrak oleh pemerintah daerah,' sebutnya. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru