Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Produksi CPO Hingga Akhir 2017 Capai 36,5 Juta Ton

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 15 Desember 2017 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Produksi Crude Palm Oil (CPO) pada akhir tahun ini diperkirakan bisa mencapai 36,5 juta ton, meningkat sekitar 15,8% dibandingkan produksi CPO tahun lalu yang sebesar 31,5 juta ton.

"Kami optimistis produksi CPO pada tahun ini mencapai target karena cuaca yang baik,' kata Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Joko Supriyono, di Jakarta, Jumat (15/12).

Selain itu, produksi CPO juta tidak terpengaruh gencarnya kampanye negatif produk kelapa sawit dari Uni Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS).

"Kampanye negatif yang dilakukan itu hanya untuk memperebutkan pangsa pasar saja," papar Joko.

Joko menilai, permintaan terhadap CPO di pasar global justru terus meningkat. Karena itu, meskipun kerap dihadang kampanye negatif, tapi Indonesia tetap dapat mempertahankan pangsa pasar CPO di pasar global.

"Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan kampanye masif untuk meng-counter isu negatif yang dilontarkan UE dan AS. Jadi kita melakukan kampanye juga supaya pasar tidak terpengaruh," ujarnya.

Indonesia, katanya, sudah memetakan mana pasar tujuan ekspor yang masih berpotensial seperti India, Pakistan, serta Tiongkok.

Pemetaan dilakukan sambil fokus mempertahankan pasar dan berupaya membuktikan bahwa produksi minyak sawitnya sejalan dengan aspek keberlanjutan lingkungan. Hal ini dilakukan dengan melakukan berbagai sertifikasi sistem berkelanjutan. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru