Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Kecamatan di Katingan Masih Terisolasi Jaringan Telekomunikasi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 15 Desember 2017 - 20:48 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Dua kecamatan di Kabupaten Katingan hingga saat ini masih terisolasi jaringan telekomunikasi.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi Telekomunikasi dan Informatika Kabupaten Katingan, Harun kepada borneonews.co.id Jumat (15/12/2017).  "Dari 13 wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Katingan, sejauh ini masih ada dua wilayah kecamatan yang masih belum bisa menikmati jaringan telekomunikasi, seperti telepon seluler, yakni Bukit Raya dan Kecamatan Petak Malai," jelas Harun.

Sementara 11 kecamatan lainnya telah menikmati jaringan telekomunikasi ini, meski diakuinya masih ada sejumlah desa yang belum terjangkau.

Harun mengaku semua desa di dua wilayah kecamatan, yakni Bukit Raya dan Petak Malai tidak bisa menggunakan alat komunikasi berupa telepon genggam.

Pasalnya, belum ada tower jaringan telekomunikasi yang dibangun oleh pihak penyedia jasa (provider) telepon seluler di wilayah tersebut.

Selain karena lokasi dua wilayah ini sulit dijangkau, karena sebagian adalah perbukitan, alasan pihak penyedia jasa telepon seluler selama ini enggan membangun tower karena di wilayah ini belum ada tersedianya jaringan listrik.

"Kendala utamanya adalah belum ada jaringan listrik di dua kecamatan itu, sehingga pihak provider masih belum bisa mendirikan tower telepon seluler itu," imbuh Harun. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru