Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PMI Lamandau Akan Segera Miliki Bank Darah Sendiri

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 15 Desember 2017 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Palang Merah Indonesia (PMI) cabang kabupaten Lamandau mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan memiliki bank darah sendiri. Dengan demikian, ke depan PMI tidak lagi langsung mengandalkan ketersediaan darah yang ada di bank darah PMI Pangkalan Bun.

Hal tersebut seperti diungkapkan Ketua PMI cabang Lamandau, dr. Jozeb HF. Rumouw, Jumat (15/12/2017). "Dalam waktu dekat kita akan miliki bank darah sendiri, tempatnya ada di salahsatu ruang yang ada di lingkungan RSUD Lamandau," sebutnya.

Jozeb yang juga merupakan Direktur RSUD Lamandau itu menjelaskan, rencananya bank darah tersebut akan mulai dibuka pada awal 2018, rencana tersebut juga merupakan terobosan baru dari PMI dalam upaya memaksimalkan peranannya di Lamandau.

"Alat-alatnya sudah siap, ruangan untuk tempat bank darah juga sudah ada, awal tahun 2018 nanti kami targetkan bank darah ini sudah mulai beroperasi," ujarnya.

Sebelum memiliki bank darah sendiri, lanjut dia, PMI Lamandau sejauh ini sudah menjalin kerjasama sangat baik dengan bank darah PMI Kotawaringin Barat (Kobar). Selain bekerjasama tentang kebutuhan penggunaannya, Lamandau juga sangat aktif memberi suppot untuk pemenuhan kebutuhan darahnya.

"Semua kegiatan donor darah di Lamandau selama ini kan semuanya kita serahkan ke bank darah Kobar, hanya saja jika perlu (darah) kita tinggal minta ke sana sesuai kebutuhan, meskipun tingkat kebutuhan darah di Lamandau selama ini relatif masih sedikit, sedikitnya kebutuhan darah di Lamandau juga tidak terlepas dari minimnya dokter spesialis di RSUD Lamandau sebelum-sebelumnya, berbeda dengan sekarang dimana RSUD baru kedatangan tiga dokter spesialis baru, biasanya secara otomatis kebutuhannyapun lambat laun pasti akan meningkat," jelasnya.

Jozeb juga memastikan bahwa segala persiapan untuk menunjang keberadaan bank darah nanti sudah dipersiapkan, termasuk dengan telah dilatihnya dua petugas yang nantinya akan mengoperasikan bank darah secara teknis.

"Dua orang petugas khusus untuk mengoperasikan bank darah di Lamandau sudah kita ikutkan berbagai pelatihan, artinya secara teknis sumberdaya manusia telah kita siapkan," tukas dia. (HENDI NURFALAH/B-8)

Berita Terbaru