Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gerakan Tanam Pohon di SMAN 3 Jawaban Atas Intruksi Gubernur

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 15 Desember 2017 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gerakan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tingkat Provinsi Kalteng yang digelar Kamis (14/11/2017), dipusatkan di SMAN 3 Palangka Raya. Lokasi itu dipilih salah satunya untuk memenuhi instruksi gubernur Kalteng agar sekolah tersebut teduh dan rindang.

Untuk memperlancar pelaksanaan penghijauan di sekolah-sekolah, Dinas Kehutanan Kalteng pun bergandengan dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng yang dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman (MoU).

'Penanaman pohon di SMAN 3 Palangka Raya salah satunya ya memenuhi keinginan gubernur. Beberapa hari yang lalu kan gubernur mendatangi dan meninjau keadaan sekolah. Lalu menilai perlu segera dihijaukan agar suasana lebih sejuk, tidak gersang,' terang Kepala Dishut Kalteng Sri Suwanto kepada Borneonews, Jumat (15/12/2017).

Mengenai kerja sama dengan Disdik, Suwanto mengatakan, upaya tersebut untuk mempermudah koordinasi dan tanggung jawab pasca penanaman. Nantinya, siswa di sekolah tersebut harus memiliki tangung jawab untuk memelihara pohon yang ditanam.

'Memang dilakukan MoU karena Disdik yang memiliki kewenangan menginstruksikan kepala sekolah melakukan penanaman, dan dengan cara ini lebih ditaati ketimbang saya yang menyuruh kan. Tetapi kita siap membantu.'

'Bibit tidak hanya jenis pohon kayu-kayuan tetapi multi purpose tree spesies (MPTS), artinya bibit-bibit untuk pohon kehidupan, seperti buah-buahan. Ada nangka, durian, sawo, rambutan, dan sebagainya, yang di samping peneduh nanti buahnya bisa dinikmati,' ujar Sri Suwanto. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru