Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarbaru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Elpiji 3 Kg di Katingan Hulu Dijual Rp50 Ribu

  • Oleh Abdul Gofur
  • 15 Desember 2017 - 21:18 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Elpiji 3 kg di Kecamatan Katingan Hulu, Kabupaten Katingan, sejak sebulan terakhir dijual rata-rata Rp50 ribu per tabung.

Hal ini disampaikan Camat Katingan Hulu, Supardi kepada borneonews.co.id Jumat (15/12/2017).

Menurut Supardi, selain harganya mahal, stok gas elpiji di wilayahnya juga terbatas. Sebab tidak semua kios ataupun warung yang menjualnya.

"Sudah sekitar sebulan ini harga gas elpiji ukuran 3 kg di daerah kami naik dari sebelumnya Rp38 ribu sampai Rp40 ribu per tabung, menjadi Rp50 ribu per tabungnya," sebut Supardi.

Akan tetapi ada kios yang menjual elpiji melon itu dengan Rp48 ribu per tabungnya. "Selain karena transportasi ke daerah kita yang cukup jauh dari Kota Kasongan, juga disebabkan karena memang sekarang ini ketersediaan gas elpiji terutama yang ukuran 3 kg di sejumlah wilayah juga mengalami kenaikan harga, sehingga sampai di wilayah kita harganya sudah melambung tinggi," katanya.

Tidak adanya pangkalan elpiji, imbuh Supardi, juga menjadi alasan mahalnya harga di tingkat pengecer. "Mungkin kalau di daerah kami sudah ada pangkalan, harganya tidak semahal sekarang ini. Kami berharap ke depan ada pangkalan itu."

Sejauh ini suplai elpiji 3 kg ke daerahnya dilakukan oleh para pengepul atau spekulan, sehingga harganya tidak bisa dikontrol.

"Kami juga berharap ke depan ada kuota soal elpiji 3 kg ini yang masuk ke Katingan Hulu, sebab selama ini tidak ada kuotanya dari dinas terkait," katanya.

Padahal, sebelumnya, imbuh Supardi pihaknya sudah diminta mendata warga terkait kuota elpiji 3 kg. Akan tetapi sampai saat ini tidak ada tindak lanjutnya. (ABDUL GOFUR/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru