Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Materi Yang Diujikan ke Guru Kontrak, Persiapkan Dengan Baik

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 15 Desember 2017 - 23:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kalteng Slamet Winaryo mengingatkan semua guru non PNS atau guru kontrak supaya segera mengikuti uji kompetensi. Semua harus ikut. Oleh sebab itu, harus mempersiapkan diri dengan baik.

Slamet mengungkapkan, sebenarnya ada empat jenis kompetensi yang harus dimiliki seorang guru. Namun terkait rencana uji kompetensi pada Januari 2018 nanti, ia memberikan bocoran materi yang harus diujikan.

'Sebetulnya ada empat kompetensi, tetapi yang diujikan hanya dua kompetensi yaitu profesionalitas guru dan kemampuan pedagogi dalam mengajar. Itu yang harus mereka dipersiapkan. Saya yakin kalau sudah terbiasa mengajar dan selalu perbaiki diri akan mudah saja kok,' ujar Slamet kepada Borneonews, Jumat (15/12/2017).

Ia melanjutkan, uji kompetensi ini merupakan arahan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalteng. Semangatnya adalah transparansi tenaga yang direkrut pemerintahan dan anggaran yang akan dibayarkan. Sehingga sebelum teken kontrak kerja, ada kompetensi standard yang sesuai dengan bidang kerja.

Dengan mekanisme 'perekrutan' seperti ini pula, secara tidak langsung akan mendapatkan peta atau gambaran mengenai kualitas guru. 'Yang jelas mulai sekarang sudah harus persiapkan, dicicil, tentang dua hal itu tadi. Yakinlah akan melewati dengan mudah,' pungkasnya memotivasi. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru