Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Status Lapak Pedagang Milik Pemkab Kotim Tidak Jelas

  • Oleh Naco
  • 16 Desember 2017 - 10:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Informasi yang cukup mengejutkan disampaikan oleh Ketua Badan Pembuatan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kotawaringin Timur, Dadang H Syamsu. Informasi itu diungkapkan seusai mereka membahas rancangan peraturan daerah tentang retribusi dan pajak dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kotim.

Menurut Dadang, SOPD teknis itu beralasan tidak tahu saat ditanya status lapak atau los pedagang di kawasan Pusat Perbelanjaan Mentaya sehingga memunculkan tanda tanya mengapa dinas teknis sampai tak mengetahuinya. Bahkan saat diminta data mereka tidak memilikinya.

"Aneh juga kita mengapa sampai demikian, makanya pekan depan ini mereka janji akan membawa datanya, ya kita tunggu semoga data yang kita minta bisa dibawa," kata Dadang, Sabtu (16/12/2017).

Dadang menyanyangkan pejabat di SOPD itu justru tidak begitu mengetahui, padahal itu menurutnya sudah menjadi bagian tugas mereka, agar jangan sampai keberadaan lapak atau los pedagang dimainkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Dadang ingin sumbangsih di pasar bagi pajak dan retribusi daerah bisa dilakukan dengan maksimal, dalam rangka peningkatan PAD Kotim. Ia tidak ingin itu semua bocor lantaran SOPD teknis tidak begitu memperhatikannya. Tentu ini akan menjadi kesalahan besar yang akan menjadi celah penggalian PAD yang tidak maksimal.

Apalagi pungutan yang terjadi di pasar ini dengan berbagai macam dalih sudah menjadi rahasia umum. Tidak hanya itu, masalah itu juga sering kali menuai permasalahan. Ia berharap setiap tagihan yang ditarik berdasar dan bisa menjadi pemasukan untuk PAD daerah ini, bukan sebaliknya bocor atau bahkan dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. (NACO/B-2)

Berita Terbaru