Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Magelang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Motif Batik Khas Kobar Resmi Diluncurkan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 17 Desember 2017 - 11:32 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Akhirnya Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) saat ini telah memiliki desain paten batik khas tersendiri. Terdapat 15 motif batik yang didapatkan dari gelar lomba desain batik khas Kobar pada bulan Oktober lalu.

Untuk itulah di ballroom Swiss Bell Hotel Pangkalan Bun, Jumat (15/12/2017) digelar peluncuran motif batik khas Kabupaten Kobar tersebut oleh Bupati Kobar Nurhidayah.

Dalam kegiatan tersebut Bupati mengatakan rencananya dari 15 desain batik, ada 5 motif yang nantinya bakal digunakan para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Kobar.

"Intinya motif batik khas Kobar ini sifatbya wajib dipakai oleh ASN di lingkungan pemkab dan instansi lain," jelasnya.

Walau demikian, lanjutnya, motif batik ini juga bisa dipakai oleh karyawan di instansi swasta maupun masyarakat umun.

"Karena ada 15 desain yang masing-masing memiliki keunggulan tersendiri," jelas Bupati.

Bukan hanya itu saja, nantinya beberapa desain batik ini bakal diaplikasikan pada seragam sekolah, khususnya pada seragam SD dan SMP yang dibagikan gratis pada anak sekolah yang orangtuanya tergolong keluarga miskin.

"Untuk desain mana yang bakal dipilih, kita serahkan pada Dinas Pendidikan yang menanganinya," jelas Nurhidayah.

Kemudian untuk masalah harga batik tersebut, dia optimistis masih terjangkau berbagai kalangan.

"Mahal atau tidak harga kainnya tentunya disesuaikan dengan bahan kainnya. Tadi juga kita sampaikan bagi toko yang menyetok bahan batik guna seragam sekolah. Kami harapkan juga bisa menyediakan bahan kain dengan desain batik khas Kobar ini. Karena nantinya setelah menentukan motif apa yang dipakai untuk pakaian seragam sekolah, agar bahan untuk membuat pakaian seragamnya sudah tersedia," pungkasnya. (WAHYU KRIDA/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru