Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terapkan K3 Kurangi Risiko Kerja

  • Oleh Naco
  • 14 April 2018 - 00:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dalam rangka mengurangi risiko kerja, anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Rudianur meminta agar semua pihak yang mempekerjakan karyawan bisa komitmen menerapkan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

"Penerapam K3 ini untuk melindungi pekerja, mengurangi resiko kecelakaan kerja, meningkatkan produktivitas dan meningkatkan daya saing perusahaan," kata Ketua Komisi II DPRD Kotim ini, Jumat (13/4/2018).

Rudianur mendorong partisipasi aktif dari masyarakat industri untuk bersatu padu bersama pemerintah dan masyarakat luas agar terus berusaha mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan melaksanakan budaya K3 di perusahaan.

Karena menurutnya permasalah K3 bukan hanya sebatas masalah ketenagakerjaan tapi lebih dari itu, karena seharusnya pemerintah secara kongkrit menggaungkan sadar K3 ke pekerja oleh perusahaan.

Lanjut Rudianur pemerintah harus gencar melakukan sosialisasi hingga pengawasan di lapangan. Karena apabila sudah turun kelapangan dan melihat ada perusahaan tidak menjalankan K3, segera berikan sanksi bagi perusahaan yang melanggar.

"Contohnya apabila mesin tidak layak, atau pekerja tidak menggunakan atribut yang standar segera beri sanksi biar ada efek jera, harus digalakkan sadar K3 ini secara kongrit dengan cara memberikan alat pelindungan diri bagi pekerja maupun pelindung mesin," pungkasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru