Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diskominfo Lamandau Kembangkan Sistem Administrasi secara Elektronik

  • Oleh Heriyadi
  • 04 Mei 2018 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lamandau mengembangkan sistem pemerintahan elektronik atau e-Government yang terintegrasi. 

"Aplikasi ini disebut dengan siMAYA yaitu sistem administrasi perkantoran yang merupakan aplikasi e-office sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) di Lingkungan Instansi Pemerintah," kata Kapala Dinas Kominfo Kabupaten Lamandau Charles Rakam Mamud  di Aula Setda setempat, Kamis (3/5/2018).

Menurutnya, siMAYA merupakan proses kegiatan surat menyurat yang dilakukan secara elektronik dengan mengakses internet. Adapun manfaat siMAYA, mempercepat proses pengambilan keputusan maupun pemberian pelayanan publik tanpa harus berada di kantor. 

Manfaat siMAYA juga untuk meningkatkan efektifitas kerja, terutama menyangkut pendistribusian serta menghindari tercecer atau hilangnya surat. "Dimana dengan pemanfaatan sistem ini, pengiriman dan pengecekan dapat dilakukan setiap saat tanpa harus mendatangi langsung instansi untuk mengefisiensi waktu, tenaga dan biaya," ujar Rakam.

Rakam menambahkan, dari penerapan sistem ini adalah bisa ramah lingkungan dan mencapai apa yang disebut dengan Go Green Office, karena bisa mengurangi pemanfaatan kertas serta mengurangi tumpukan-tumpukan arsip yang sudah tidak dimanfaatkan.

Untuk menggunakan layanan siMAYA, setiap ASN harus memiliki akun sesuai dengan struktur organisasi. Akun ini dikelola oleh instansi pemerintah yaitu Diskominfo setempat. 

"Operasionalisasi siMAYA sendiri menggunakan sistem keamanan informasi yang terjamin sehingga transaksi data pengguna serta instansi pemerintah senantiasa terlindungi," imbuhnya.

Rakam berharap, sosialisasi dan pelatihan ini dapat memberikan wawasan baru kepada para peserta terkait siMAYA. Berdasarkan pada arti penting dari siMAYA ini, maka diperlukan kesamaan pemahaman, keserempakan tindak, dan keterpaduan langkah dari seluruh SOPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamandau. (HERIYADI/B-2)

Berita Terbaru