|
Jeda
|
|
Minggu, 17 Januari 2010 23:44 |
|
Share STUDI Delia Scholes, peneliti senior di Group Health Research Institute of Group Health Cooperative, Seattle, AS, menemukan pil kontrasepsi berpotensi menggerus kepadatan tulang. Tim Scholes meneliti 606 perempuan berusia 14-30 tahun.
Ketika dibandingkan dengan perempuan lain, para peneliti menemukan pengguna kontrasepsi oral memiliki tingkat kepadatan tulang rata-rata 5,9% lebih rendah di bagian tulang belakang dan 2,3% pada seluruh tubuh. Scholes dan tim mencatat tren kepadatan tulang lebih rendah di kalangan partisipan studi yang meminum pil kontrasepsi yang mengandung dosis estrogen lebih kecil. Studi ini menyimpulkan mereka yang meminum pil kontrasepsi selama lebih dari dua tahun dan yang mengonsumsi obat tersebut dengan dosis estrogen lebih rendah tampaknya berisiko paling tinggi mengalami penurunan tingkat kepadatan tulang. Hormon-hormon yang terkadung dalam pil-pil tersebut diduga memengaruhi tingkat hormon normal yang kemudian berdampak pada produksi tulang. Bila Anda khawatir dengan masalah ini, Anda dapat mengambil langkah-langkah seperti mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi dan vitamin D, berolahraga dan berhenti merokok. (EP/HealthDay.com/I-4)
|