Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pematangsiantar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hanya Miliki 138 Pegawai, Kinerja Satpol PP Kotim Masih Terbatas

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Januari 2022 - 19:21 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Saat ini pegawai yang bertugas di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) masih jauh dari jumlah maksimal. Hal itupun membuat kinerja mereka cukup terbatas. 

"Saat ini pegawai kami hanya ada 138 orang, 61 orang berstatus Pegawai Negeri Sipil, dan 77 orang tenaga kontrak," ujar Kasatpol PP Kotim, Marjuki, Rabu, 05 Januari 2022. 

Jumlah tersebut sangat jauh dari kata maksimal. Jika melihat luas wilayah dan jumlah penduduk di Kotim ini. Karena dari perhitungan pihaknya, minimal anggota Satpol PP sebanyak 351 orang, sedangkan idealnya 450 orang. 

Hal itu membuatnya harus mengotak atik anggotanya saat bertugas. Bahkan anggota diharuskan bekerja maksimal agar dapat menjalankan tugas dan fungsi di Satpol PP. 

Marjuki juga menyebut tidak sedikit kualitas SDM di Satpol PP yang belum mempuni, dan menguasai tugas dan fungsinya. Hal itu terjadi, karena selama ini tidak ada pembekalan atau mengikuti pembelajaran terkait pelaksanaan tugas. 

"Meski begitu kami akan berupaya maksimal untuk menjalankan tugas. Sambil berharap ada penambahan jumlah anggota kedepannya," terangnya. 

Dia mengatakan tugas Satpol PP cukup banyak, terutama yang berkaitan dengan ketertiban umum ditengah masyarakat. Hal itulah yang membuatnya berharap agar ada penambahan pegawai di tempat yang dia pimpin. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru