Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada, Kotim Masih Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 11 Januari 2022 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi di Kotawaringin Timur. Potensi terjadi hujan deras disertai petir dan angin kencang masih tinggi.

"Masih berpotensi terjadi hujan Lebat yang dapat disertai kilat, petir, dan angin kencang," ungkap Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, Musuhanaya, Selasa, 11 Januari 2022. 

Potensi cuaca seperti ini meliputi kecamatan ;§Kota Besi, Cempaga, Mentaya Hulu, Parenggean, Telawang, Bukit Santuai, Tualan Hulu, dan Telaga Antang,

"Dan dapat meluas ke wilayah Baamang, Mentawa Baru Ketapang, Pulau Hanaut, Antang Kalang, Seranau, Cempaga Hulu," katanya. 

Hal senada juga disampaikan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Timur, Rihel. Ia meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap perubahan cuaca yang cukup ekstrem. 

“Sejak Desember 2021 intensitas hujan sudah mulai terasa. Hanya saja belum merata dan masih intensitas sedang. Memasuki Januari 2022, intensitasnya mulai meningkat,” kata Rihel. 

Ia menyampaikan agar masyarakat lebih berhati-hati karena biasanya dalam kondisi cuaca seperti ini, hujan juga disertai dengan petir dan angin kencang. Khususnya bagi warga yang beraktivitas  di luar ruangan, diimbau tak sembarangan berteduh di bawah pohon yang rawan tumbang dan disambar petir. (USAY NOR RAHMAD/B-5) 

Berita Terbaru