Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Koperasi di Kotim Belum Verifikasi Keanggotaan

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 30 Maret 2022 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dari 352 koperasi yang ada di Kotawaringin Timur, ada 286 koperasi yang belum memverifikasi data keanggotaannya. Padahal, ini penting agar koperasi tetap aktif. 

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro Kotim, Rusmiati melalui Kepala Seksi Pengawasan dan Pembinaan Koperasi, Elina mengatakan, pihaknya mendata koperasi-koperasi di daerah itu. Namun jumlah koperasi yang sudah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) pada tutup buku tahun 2020 dalam pelaporan 2021, hanya ada 66 koperasi.

"Artinya masih ada 286 koperasi yang belum melakukan verifikasi data keanggotaan," ungkapnya, Rabu, 30 Maret 2022. 

Dia melanjutkan, hal ini terutama koperasi plasma, ada 78 koperasi di Kotim. Verifikasi keanggotaan dilakukan melalui RAT dan penyampaian laporan pertanggungjawaban. 

Dijelaskannya, saat ini, pihaknya masih memverifikasi ulang data anggota seluruh koperasi sesuai instruksi bupati Kotim. Untuk menghindari penyelewengan kartu plasma, baik itu jumlah yang tidak sesuai maupun jual beli kartu plasma. Yaitu satu kartu harusnya hanya dimiliki satu anggota.

"Karena itu penting dilakukan verifikasi anggota yang disampaikan setiap pelaksanaan RAT. Ada yang dinamakan anggota tetap dan ada yang dinamakan anggota luar biasa yaitu anggota bukan warga setempat. Dari hasil RAT lah kita bisa mengetahui semua itu," ujarnya.

Namun, ujarnya, dalam pelaksanaan RAT pun ada persyaratan yang harus terpenuhi, yakni minimal dihadiri oleh 50 persen anggota koperasi. Hal itu sesuai dengan peraturan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. 

"Jika yang hadir kurang dari 50 persen anggota, maka RAT tidak bisa dilaksanakan atau ditunda hingga anggota lainnya bisa hadir," tutupnya. (USAY NOR RAHMAD/B-7) 

Berita Terbaru