Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sumatra Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penggunaan Dana Desa Banyak Mendapat Sorotan

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 02 Agustus 2018 - 14:30 WIB

BORBEONEWS, Palangka Raya - Penjabat (Pj) Sekertaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng) Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Sugianto Sabran saat sosialisasi pengawalan dana desa mengatakan bahwa penggunaan dana desa banyak mendapat sorotan.

Sorotan itu terkait penggunaan dana desa yang disebabkan banyaknya pelanggran dan penyelewengan.

"Kita mendapat misi dari Bapak Presiden untuk membangun Indonesia dari pinggiran desa, cita-cita tersebut terganggu karena banyaknya kasus penyalahgunaan dana desa," kata Sugianto, Kamis (2/8/2018).

Dia menjelaskan, pusat mengalokasikan anggaran sebanyak Rp60 triliun untuk membangun desa. Kalteng sendiri mendapat jatah sebanyak Rp1,1 triliun yang dibagi untuk 1.433 desa.

Untuk menghindari penyelewangan dana desa, Pemprov Kalteng menggelar sosialisasi pengawal dana desa yang diikuti Babinkamtibmas lingkup Polda Kalteng, Kejaksaan Tinggi Negeri se-Kalteng (Kejati) dan Dinas Masyarakat dan Desa se-Kalteng agar penggunaan dana desa bisa teralokasikan dengan benar.

Gubernur juga mengharapkan partisipasi masyarakat mengawal dengan melaporkan kepada pihak keamanan apabila menemukan pelanggaran dalam pengelolaan dana desa. (GAZALI/B-5)

Berita Terbaru