Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kominfo dan Persandian Punya Peran Penting dalam Mengambil Kebijakan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 02 Agustus 2018 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya, Anna Menur Arum Ambarsari mengatakan meskipun Diskominfo merupakan dinas terbilang baru bagi strukutur perangkat di pemerintahan daerah, namun saat ini fungsi dan tugasnya sangat dibutuhkan manakala pemerintah mengambil kebijakan.

"Untuk lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya Diskominfo dan Persandian menjadi wali data statistik sektoral yang tugasnya untuk mengumpulkan dan mengolah data yang dihasilkan oleh produsen data, yang kemudian menyebarluaskan data di lingkup instansi pemerintah," kata Anna saat menjadi narasumber dalam kegiatan Focus Group Disscuison (FGD) untuk pembahasan data publikasi dalam angka yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palangka Raya, di Hotel Aquarius, Kamis (2/8/2018).

Maka dari itu, lanjut Anna, Diskominfo dan Persandian bisa menjadi rumpun bagi BPS untuk menyebarluaskan data-data populer di semua sektor pembangunan  yang sudah dihimpun.

Saat ini menurutnya Diskominfo dan Persandian Palangka Raya memiliki dua server fisik yang ditujukan untuk web dan seluruh aplikasi dari perangkat daerah yang mau menitipkan pelayanannya di Diskominfo.

Sementara itu Asisten I Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setda Kota Palangka Raya, Ikhwansyah mewakili Wali Kota Palangka Raya, Riban Satia yang membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan FGD yang digelar sangatlah penting. Terutama untuk melihat progres data Kota Palangka Raya yang di fasilitasi oleh BPS Palangka Raya.

"Adanya pemenuhan data bagi kebutuhan masyarakat yang bersumber dari data sektoral dan data perangkat daerah, menunjukan hasil kinerja pembangunan nasional, memenuhi Pasal 31 yang menjelaskan perencanaan pembangunan didasarkan pada data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru