Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pekan Depan, UDD PMI Sudah Mampu Memproduksi Komponen Darah

  • Oleh Naco
  • 03 Agustus 2018 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pekan depan Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kotawaringin Timur sudah mampu memproduksi komponen darah.

"Pasien yang memerlukan Thrombocyt Concentrate tidak lagi dirujuk ke luar daerah," kata Kepala UDD PMI Kotim, dr Yuendry Irawanto, Jumat (3/8/2018).

Sebelumnya, menurut dia, pasien dengan masalah itu harus dirujuk ke luar daerah dengan biaya yang tidak sedikit. Dengan adanya alat tersebut dapat mengurangi beban finansial pasien dan keluarga.

Menurut Yuendry, peralatan itu ditunjang uji saring Infeksi Menular Melalui Transfusi Darah dengan peralatan menggunakan metode Eclia yang sensitivitas dan spesifitas mendeteksi 100 persen.

Sehingga darah yang diproduksi UDD PMI Kotim semakin aman dan sesuai kebutuhan pasien yang berkualitas. Adapun alat penunjangnya yakni Refrigates Centrifuge, Platelete Agitator di dalam terdapat Platelete Incubator dan Centrifuge Balanced.

"Dengan adanya alat ini kita berharap dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Kotim," pungkas mantan Kepala Dinas Kesehatan Kotim itu.(NACO/B-11)

Berita Terbaru