Aplikasi Rekapitulasi Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Musim Berangkat Haji, Garuda Beri Imbas ke Palangka Raya

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 03 Agustus 2018 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Musim keberangkatan jamaah calon haji (JCH) ke tanah suci Makkah membawa ekses dalam hal transportasi. Maskapai Garuda Indonesia memberi imbas ke Palangka Raya.

Apa imbasnya Sejumlah pesawat terfokus ke pemberangkatan JCH, karena bertindak sebagai operator keberangkatan haji. Konsekuensinya ada slot penerbangan reguler dialihkan untuk mendukung keberangkatan haji, khususnya pesawat berbadan lebar.

“Ada realokasi armada Garuda Indonesia terhadap rute haji, yang berdampak pada penutupan sementara operasional rute Garuda ke Palangka Raya pada tanggal-tanggal tertentu,” terang Deputi Bank Indonesia (BI) Kalteng, Jumat (3/8/2018).

Palangka Raya sebatas embarkasi antara dan tidak didarati pesawat Garuda berkapasitas besar tersebut. Lalu kenapa bisa berimbas pada penerbangan garuda dari dan menuju Palangka Raya

Ia menjelaskan, ada beberapa rute domestik di Indonesia yang mana maskapai ini mengunakan pesawat berbadan lebar, khususnya yang padat penumpang. Seperti rute Jakarta-Medan, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Bali, Makasar, dan lainnya.

“Nah karena armada besar yang melayani rute itu difokuskan untuk menunjang layanan haji, maka armada yang lebih kecil dialihkan ke rute padat tadi. Alhasil, seperti rute Palangka Raya, armadanya dialihkan ke sana dengan pengurangan slot penerbangan, tapi untuk sementara selama haji,” jelasnya.

Keterangan ini sekaligus menepis anggapan yang disampaikan Kepala Seksi Angkutan pada Dishub Provinsi Kalteng, Terjo Piu, yang menyatakan kebijakan maskapai Garuda mengurangi slot terbang ke Palangka Raya akibat merugi. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru