Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mandiri Berkebun Tanpa Bantuan Pemerintah

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 04 Agustus 2018 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Gede Suarjana (38) warga Desa Simpang Bingkuang, Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur, ini patut dicontoh. Ia secara mandiri bertani tanpa mengharap bantuan pemerintah, dan telah menghasilkan puluhan juta rupiah dalam setiap bulannya dari hasil berkebunnya.

Dari usaha berkebun yang digeluti sejak lebih 10 tahun lalu ini membuat hasilnya mampu memenuhi kebutuhan mayarakat sekitar, dengan dijual ke pasar desa terdekat di wilayahnya tinggal.

"Selama hidup saya berkebun hasil mandiri, tidak ada bantuan pemerintah, hasil dari kebun sudah saya dapatkan setiap bulan hingga puluhan juta," ucap Gede, Sabtu (4/8/2018).

Pertanian yang ditanam Gede, di antara lain sayur-sayuran, seperti lombok, labu kuning, kates dan berbagai jenis sayuran yang menjadi utama bahan pokok kebutuhan masyarakat.

"Pekerjaan ini saya tekuni setiap hari untuk memenihi kebutuhan hidup, dan juga membantu masyarakat agar tidak jauh-jauh lagi mencari kebutuhan dapur," ujarnya.

Gede pun berharap dari pemerintah daerah membantu memperluas perkebunan miliknya dengan memberikan bantuan pupuk, serta adanya kesediaan air untuk menyiram kebunnya.

Selama ini ia harus membeli air tiga hati sekali sebanyak 1200 liter untuk keperluan menyiram tanamannya.

"Saat ini yang saya butuhkan bantuan pupuk untuk meningkatkan kualitas pertumbuham sayur dan dapat dengan muda air untuk menyiran perkebunan, sehingga tak jauh-jauh lagi mencari air," pungkasnya. (PRASOJO EKO APRIANTO/B-5)

Berita Terbaru