Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumenep Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jaga Kearifan Lokal dengan Tidak Tergiur Mengalihkan Fungsi Hutan Adat

  • Oleh Norhasanah
  • 06 Agustus 2018 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara berharap Rendy Lesmana mengimbau adat di Kabupaten Sukamara dapat menjaga kearifan lokal yang ada diwilayahnya dengan tidak tergiur terhadap pengalihan fungsi lahan khususnya hutan adat. 

"Masyarakat hukum adat inikan mempunyai karifan lokal, terutama lahan-lahan yang dimiliki adat setempat," kata Rendy Lesmana, Senin (6/8/2018).

Menurut Rendy, dengan adanya kearifan lokal di Bumi Gawi Barinjam dan didukung dengan program DLH, diharapkan masyarakat setempat bisa mempertahankan hutan adat yang mungkin memiliki potensi sumberdaya hayati untuk meningkatkan wilayahnya.

"Jadi kami mempunyai 1 program, bagaimana mengupayakan masyarakat kita di desa-desa terutama yang memiliki hutan adat, atau komunitas karifan lokal itu bisa tetap menjaga wilayah mereka," pinta Rendy. 

Ditambahkannya, hutan adat yang dimiliki masyarakat bisa saja ditingkatkan menjadi sumber penghasilan, mengingat banyaknya pohon buah hutan yang tumbuh dihutan adat dapat dimanfaatkan menjadi lokasi wisata bagi masyarakat. 

"Mungkin saja dilahan-lahan mereka, contohnya seperti yang lagi buming saat ini seperti durian, mungkin ini salah satu kearifan lokal yang tetap harus dijaga, jagan sampai adanya peralihan lahan," pungkas Rendy Lesmana. (NORHASANAH/B-5) 

Berita Terbaru