Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Terus Pantau Keluar Masuk Hewan Ternak

  • Oleh Norhasanah
  • 06 Agustus 2018 - 19:26 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Sukamara terus melakukan pendataan terhadap hewan ternak yang masuk dan keluar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penyebaran penyakit. 

"Sudah mulai melakukan pendataan terhadap hewan-hewan yang keluar maupun yang masuk ke wilayah Sukamara. Dengan mendata hewan ini maka kita akan tahu tempat asal hewan didatangkan," ujar Kabid Peternakan DPKP Sukamara, Syamsir Hidayat, Senin (6/8/2018).

Menurutnya, pelaksanaan pendataan memang dilakukan sedini mungkin agar menjelang hari raya kurban nanti semua hewan sudah terdata dan sudah bisa dipastikan kelayakan kesehatan hewan untuk dipotong dan dikonsumsi masyarakat.

"Ini juga sebagai upaya antisipasi apabila adanya hewan yang membawa penyakit. Namun berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dinas bersama dengan petugas dari Banjarbaru dan Palangka Raya bahwa kondisi hewan ternak diwilayah kita masih aman dan dalam kondisi sehat," ujarnya.

Syamsir menambahkan, pemeriksaan kesehatan hewan ternak akan terus dilakukan hingga menjelang Hari Raya Idul Adha. (NORHASANAH/B-6) 

Berita Terbaru