Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Batam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Malaysia-RI Sentuh Aspek Kesehatan Sawit Yakinkan Eropa 

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 07 Agustus 2018 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Malaysia dan Indonesia akan menggunakan elemen emosional, seperti manfaat kesehatan dari minyak sawit untuk meyakinkan sejumlah kalangan di pasar Eropa.

Hal itu dikatakan Deputi Menteri Industri Utama Malaysia Shamsul Iskandar Mohd Akin ketika membuka workshop mengenai praktik pertanian yang baik di Kuala Lumpur, Senin (6/8/2018).

Menurut dia, Malaysia sebagai penghasil minyak sawit terus memegang prinsip kerjasama dengan negara-negara lain untuk mempromosikan kepedulian tentang produk sawit yang berkelanjutan di kalangan konsumen.

"Fokus pada persaingan dengan sesama negara penghasil minyak sawit bukanlah langkah terbaik untuk menangkal diskriminasi oleh Uni Eropa (UE) terhadap minyak sawit,” ujarnya.

Untuk mendapatkan kembali kepercayaan dunia terhadap minyak sawit diperlukan langkah bersama melalui metode-metode yang di luar kebiasaan, dan jangan hanya terkait dengan minyak sawit, kata Shamsul.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomian Musdalifah Mahmud, yang juga hadir dalam acara workshop, mengatakan Indonesia dan Malaysia harus selalu tampak bersama dalam segala tindakan dan kebijakan dalam menghadapi penentangan dari negara-negara Eropa terhadap komoditas sawit.

"Kami siap berbagi pengalaman dan keahlian kami sehingga persaingan bukan lagi masalah bagi kedua negara,” tegas Musdhalifah. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru